Seberapa Banyak Yang Anda Ketahui Tentang Perkembangan Anak | Biasa Membaca -->

Seberapa Banyak Yang Anda Ketahui Tentang Perkembangan Anak

Tahukah Anda tentang anak-anak taman kanak-kanak? 

Mari kita dengar apa kata mereka: 

● Selama tahun-tahun awal, tubuh saya tumbuh dengan pesat. Saya harus banyak berolah raga untuk mempelajari koordinasi gerakan tubuh dan mengerti konsep-konsep mengenai ruang seperti atas dan bawah, jauh dan dekat. Saya suka berlari, melompat, mendaki, bersepeda dan sebagainya. Tolong biarkan saya melakukan cukup aktivitas fisik setiap hari agar saya dapat tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat. 

● Ketika saya berusia tiga tahun, saya tidak dapat memegang pensil dengan baik untuk menulis atau menggambar. Saya butuh banyak kesempatan untuk menggambar bebas dan permainan pra-menulis seperti Play-Doh (plastisin), menyulam manik-manik dan sebagainya. Antara usia empat atau lima, saya dapat mengontrol jari saya dan pensil dengan lebih baik. Koordinasi saya juga menjadi lebih baik. Saya kemudian siap untuk menulis. 

Seberapa Banyak yang Anda Ketahui tentang Perkembangan Anak
● Saya perlu sering bermain dengan mainan untuk melatih keterampilan motorik halus saya. Bermain dengan mainan itu menyenangkan. Itu juga membantu perkembangan intelektual saya. Beberapa mainan, seperti balok dan Play-Doh, dapat melepaskan kreativitas saya. Bermain dengan air dan tanah dapat meredakan emosi saya. Belajar dengan bermain dapat memberi saya pengalaman belajar yang menyenangkan, membantu saya berpikir lebih cepat dan belajar lebih baik! 

● Ketika saya pertama kali masuk taman kanak-kanak, saya hanya dapat mengucapkan frasa-frasa singkat. Saya suka berbicara pada diri sendiri dan menirukan apa yang dikatakan orang dewasa. Di taman kanak-kanak, saya belajar melalui permainan dan aktivitas seperti permainan peran dan permainan imajinatif. Dari tahun ke tahun kemampuan bahasa saya berkembang. Lambat laun, saya dapat berkomunikasi secara lebih efektif menggunakan kalimat yang lebih kompleks dan kosakata abstrak! Pada waktu masuk taman kanak-kanak, saya agak egois dan tidak dapat memahami pendapat atau perspektif orang lain. Bermain dengan anak-anak lain di taman kanak-kanak membantu saya belajar sikap yang benar untuk bergaul dengan orang lain. Pada saat yang sama, saya memiliki kontrol diri yang lebih baik untuk mematuhi peraturan ketika menjadi bagian dari sebuah kelompok. 

● Saya suka musik dan sering bergoyang mengikutinya. Di taman kanakkanak, saya punya lebih banyak kesempatan untuk bernyanyi, bergoyang mengikuti irama dan bermain permainan musik dengan anak-anak lain. Ini membantu melatih bakat musik saya, memupuk minat saya dalam musik, dan meningkatkan imajinasi saya! 

● Saya suka seni dan kerajinan tangan. Di taman kanak-kanak, guru membiarkan saya mengamati, menggambar dan mencipta dengan beragam bahan seni. Saya menjadi sadar akan hal-hal di sekitar saya dan ini membantu pemahaman dan apresiasi saya. Berangsur-angsur, saya dapat menggambar gambargambar sederhana seperti orang, rumah, pesawat terbang dan sebagainya. Saya bahkan dapat menggunakan imajinasi saya untuk mengekspresikan diri dan membuat gambaran saya sendiri. 

● Sebelum masuk taman kanak-kanak, saya perlu orang dewasa untuk membantu saya makan, berpakaian dan merapikan diri. Di taman kanakkanak, saya belajar makan, mencuci tangan, menyeka mulut, dan pergi ke toilet sendiri. Ibu dan ayah, memberi saya lebih banyak kesempatan untuk mencoba, sehingga saya dapat merawat diri sendiri dan membentuk kebiasaan kesehatan diri yang baik. 

● Selama tahun-tahun awal, saya belajar dari pengalaman hidup yangsesungguhnya. Saya menggunakan pancaindra saya untuk mengeksplorasihal-hal di sekitar saya, misalnya, saya mengamati dengan mata saya,menyentuh dan memanipulasi barang-barang dengan tangan saya dansebagainya. Pertama-tama, saya menilai hal-hal dengan intuisi. Ketika sayamenjadi lebih berpengalaman dalam berkomunikasi dengan orang lain,logika dan konsep abstrak seperti kata-kata dan simbol menjadi lebih dapat dimengerti.

Baca Juga : Cara Membantu Anak Anda Tumbuh dengan Bahagia 

Orang tua hendaknya memperhatikan bahwa: 

Pertumbuhan dan perkembangan adalah sama bagi setiap anak, tapi setiap individu berkembang dengan temponya sendiri-sendiri. Karena setiap anak itu unik, jangan membandingkan anak satu dengan anak lainnya.

Seberapa Banyak Yang Anda Ketahui Tentang Perkembangan Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com