Tanggung Jawab Pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Indonesia | Biasa Membaca -->

Tanggung Jawab Pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Indonesia

Tanggung Jawab Pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Indonesia
Undang-Undang Dasar 1945 menegaskan bahwa perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah. Penegasan ini menunjukkan betapa pentingnya peranan pemerintah dalam perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia.

Hal itu juga sesuai dengan makna keberadaan negara itu sendiri yang tidak lain adalah untuk memenuhi hak-hak warga negaranya. Negara diberi kekuasaan oleh rakyat sebagai pemegang kedaulatan adalah untuk melindungi, memenuhi, dan memajukan hak-hak rakyat.

Hal itu dilatarbelakangi oleh adanya penindasan oleh para penguasa absolut dan tirani terhadap warga negara, penindasan itu tidak sesuai dengan martabat kemanusiaan. Oleh karena itu, perlindungan Hak Asasi Manusia ditujukan agar warga negara terlindungi serta membatasi wewenang penguasa dalam menjalankan kekuasaannya. Pemajuan Hak Asasi Manusia ditujukan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, kesadaran warga negara akan hak-hak dasar, dan juga kewajiban asasinya, pemenuhannya menjadi tanggung jawab negara. Agar semua unsur tersebut terlaksanan dengan baik, pemerintah wajib menegakkan Hak Asasi Manusia dengan merumuskan aturan, melaksanakan dan menegakkannya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab pelaksanaan HAM, baik dalam bentuk penghormatan, perlindungan maupun pemajuan HAM. Upaya-uapaya tersebut meliputi pembuatan berbagai peraturan perundang-undangan terkait dengan HAM, sepertu Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Selain itu, telah dilakukan pula upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM, baik melalui pengadilan HAM maupun dengan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Namun, upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM masih membutuhkan kerja keras dan kesadaran segenap komponen bangsa tentang pentingnya penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM. Hal itu juga sesuai dengan ketentuan Pasal 28J UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tanggung Jawab Pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com