Perbedaan Antara Laras Pelog Dengan Laras Degung

Jika di dalam musik daerah Jawa Tengah dikenal dengan laras Pelog, maka di Jawa Barat ada yang disebut dengan laras Degung. Kedua laras ini hampir sama, tetapi jika masyarakat Sunda menyanyikan laras Pelog, maka yang sebenarnya kita dengar adalah laras Degung, begitu pula sebaliknya.

Perbedaan Antara Laras Pelog Dengan Laras Degung

Istilah Degung bagi masyarakat Jawa Barat bukan merupakan hal yang baru, bahkan mungkin amat sedikit dari mereka yang tidak mengerti tentang Degung. Dikatakan demikian karena kata Degung bagi masyarakat Jawa Barat bisa berarti sebuah ensambel gamelan yang berlaras Degung. Sedangkan yang dimaksud dengan laras Degung adalah laras yang biasa digunakan pada ensambel Degung. 

Selain laras Degung, adapula yang disebut dengan laras Madenda. Keduanya sangat lekat dengan musik-musik yang berkembang di jawa Barat. Bahkan lagu-lagu yang berlaras Degung dan Madenda ini relatif lebih banyak berkembang dibandingkan dengan lagu-lagu dalam laras yang lainnya. Untuk lebih memahami tentang hal tersebut, pelajarilah uraian di bawah ini dengan sebaik mungkin.

Perbedaan Antara Laras Pelog Dengan Laras Degung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Dapatkan Materi Pembelajaran Terbaru Melalui Email Anda, Silahkan Masukan Email Anda Dibawah Ini:

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com