Berikut Adalah Penjelasan Mengenai Laras Degung Beserta Contoh | Biasa Membaca -->

Berikut Adalah Penjelasan Mengenai Laras Degung Beserta Contoh

Degung adalah nama salah satu perangkat gamelan yang terdapat pada khasanah musik Sunda. Gamelan tersebut sangat familiar dengan masyarakat pemiliknya (Sunda). Sehingga sampai saat ini hampir setiap daerah di Jawa Barat dapat dipastikan memiliki perangkat gamelan Degung. Karena bunyi gamelan ini begitu dekat dengan perasaan masyarakat Sunda, maka nada-nada dan urutannya yang terdapat pada gamelan tersebut menjadi salah satu yang dipelajari oleh masyarakatnya. Oleh karena itu pula bahwa laras seperti yang akan Anda pelajari ini disebut laras Degung. 

Laras degung memiliki kemiripan dengan laras Pelog. Selain itu, pada khasanah musik Sunda laras Degung ini lebih banyak digunakan dibanding dengan laras Pelog. Perhatikanlah baik-baik susunan tangganada Degung di bawah ini. Baca dan nyanyikanlah secara berulang-ulang agar Anda dapat mengingat dengan baik interval setiap nada yang terdapat pada tangganada ini. 

Perhatikanlah interval setiap nada yang terdapat pada laras Degung tersebut di atas. Interval nada 1 (da) ke 2 (mi) memiliki jarak yang sama dengan nada 4 (ti) ke 5 (la), sedangkan nada 2(mi) ke 3 (na) juga memiliki jarak yang sama dengan nada 5 (la) ke 1 (da). Adapun nada 3 (na) ke 4 (ti) tidak memiliki jarak yang sama dengan nada-nada lainnya. 

Jika kita amati secara cermat, maka nada-nada yang pada laras Salendro tidak terdapat bunyinya atau nadanya, maka pada laras degung ini dapat dibunyikan. Untuk itu perhatikan nada 2 (mi) dan 5 (la) pada laras degung. 

Contoh beberapa lagu dalam tangganada/laras Degung 

Contoh beberapa lagu dalam tangganada/laras Degung

CANGKURILEUNG 


Laras : Degung Gerakan : Anca 
Surupan: 1 = Tugu Sanggian : Mang Koko 
Contoh Tangganada Laras Degung Cangkurileung

Cangkurileung! Cangkurileung ! 
Eunteup dina dahan soklat 
Abdi naneung! Abdi nineung! 
Dikantun ku sobat-sobat 
Campur gaul genah-betah 
Ayeuna kedah papisah 

BANDUNG LEMBANG 


Laras : Pelog/Degung Sanggian : Nano.S 
Surupan : 1 = Tugu Gerakan : Sedeng 
Contoh Tangganada Laras Degung Bandung Lembang

KADEWAN 


Laras : Degung Gerakan : Sedeng 
Surupan : 1 = Tugu Rumpaka : Saodah 
Contoh Tangganada Laras Degung Kadewan
Artikel Keanekaragaman Musik Daerah Lainnya :

Berikut Adalah Penjelasan Mengenai Laras Degung Beserta Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com