Faedah-faedah Zakat Dari Segi Kemasyarakatan

1. Di dalamnya terdapat pemenuhan kebutuhan orang-orang fakir yang mereka merupakan bagian
terbanyak dari penduduk kebanyakan negeri.

Faedah-faedah Zakat Dari Segi Kemasyarakatan

2. Di dalam zakat terdapat penguat bagi kaum muslimin dan mengangkat keadaan mereka. Oleh karenanya, termasuk di antara alokasi zakat adalah jihad di jalan Allah Ta’ala (karena menguatkan kaum muslimin sebagaimana faedah dari zakat) pembahasannya akan kami sebutkan insya Allah Ta’ala.

3. Bahwasanya dengan zakat akan menghilangkan kedengkian dan rasa iri yang terdapat di dada-dada orang yang fakir dan serba kesulitan. Orang-orang yang fakir ketika melihat orang-orang kaya bergelimang dengan harta tanpa memberikan kemanfaatan kepada orang fakir dari harta yang mereka punyai, tidak memberikan sedikit ataupun banyak, maka terkadang akan muncul pada diri orang- orang fakir tersebut rasa permusuhan dan kedengkian terhadap orang kaya, karena mereka tidak memperhatikan hak-hak orang-orang fakir. Dan juga tidak memenuhi kebutuhan yang ada pada mereka. Ketika orang-orang kaya memberikan sesuatu bagi mereka dari harta yang mereka punyai pada setiap putaran tahunnya, maka akan hilanglah perkara-perkara ini serta saling mencintai sehingga keselarasan akan diperoleh.

4. Sesungguhnya di dalam zakat terdapat penam bahan harta dan memperbanyak berkahnya. Seperti yang datang di dalam hadits dari Nabi r, bahwasanya beliau bersabda: “Tidaklah shadaqah itu mengurangi harta.” (HR. Muslim). Maknanya yaitu jika shadaqah itu mengurangi harta dari segi jumlahnya, maka shadaqah sama sekali tidak mengurangi harta dari segi barakah dan penambahannya di waktu yang akan datang, bahkan Allah Ta’ala akan memberikan ganti serta memberikan keberkahan di dalam hartanya.

5. Sesungguhnya bagi orang yang berzakat di dalam apa yang telah ia tunaikan terdapat perluasan dan pengembangan hartanya. Karena harta apabila diberikan sedikit darinya, akan meluaslah peredarannya serta akan dimanfaatkan oleh banyak manusia. Akan berbeda halnya dengan orang-orang miskin di suatu negara yang tidak mendapat sesuatu pun dari harta orang-orang kaya di antara mereka.

Faedah-faedah Zakat Dari Segi Kemasyarakatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Dapatkan Materi Pembelajaran Terbaru Melalui Email Anda, Silahkan Masukan Email Anda Dibawah Ini:

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com