Teknik Perawatan Tubuh Dengan Cara Pijat / Massage Secara Tradisional | Biasa Membaca -->

Teknik Perawatan Tubuh Dengan Cara Pijat / Massage Secara Tradisional

Sebelum melakukan perawatan, seorang operator harus mempersiap kan kebersihan diri, seperti mencuci tangan, menggunting kuku jari tangan hingga tergolong pendek dan pakaian yang dikenakanpun harus nyaman dan longgar, sehingga memudahkan operator untuk bergerak saat melakukan perawatan.

Teknik Perawatan Tubuh Dengan Cara Pijat / Massage Secara Tradisional

Berbagai teknik perawatan badan yang dilakukan secara tradisional, diantaranya adalah :

a. Perawatan Dengan Cara Massage (Pijat)

Massage atau pijat adalah cara untuk penyembuhan yang memiliki banyak manfaat bagi semua sistem organ tubuh.

Massage dapat mempengaruhi organ-organ tubuh sesuai dengan area yang akan dipijat. Manfaatnya antara lain:

- Meningkatkan fungsi kulit : Peredaran darah dalam tubuh yang meningkat akan membantu proses untuk menghasilkan kelenjar minyak yang akan lebih efektif memproduksi keringat, sehingga akan membuang zat yang tidak berguna. Lapisan epidermis yang paling luar akan larut sehingga kondisi kulit akan lebih baik. Fungsi kulit sebagai daya penyerap akan lebih meningkat dan kulit menjadi lebih halus.

- Melarutkan lemak : Gerakan pengurutan yang sifatnya menekan dan menghentak seperti meremas/ memijat, menepuk, memukul dapat membantu melarutkan lemak sehingga terjadi pembakaran tubuh.

- Meningkatkan refleksi pada pencernaaan : Pengurutan perut dengan gerakan-gerakan tertentu akan lebih merangsang gerak refleksi (Peristaltik), dengan demikian akan lebih memperlancar sistem pencernaan.

- Meningkatkan fungsi jaringan otot : Meningkatnya sirkulasi peredaran darah dapat meningkatkan nutrisi (sari makanan) ke dalam jaringan otot sehingga kekenyalan dan elastisitas akan lebih bertahan.

- Meningkatnya peredaran darah yang ditimbulkan oleh gerak pengurutan akan meningkat pula nutrisi sehingga dapat memberi makanan pada sel-sel tulang. Dengan demikian meningkat pula pertumbuhan gerak persendian.

- Meningkatkan fungsi jaringan syaraf : Gerakan vibrace dan friction dapat merangsang pada fungsi syaraf di seluruh tubuh.

- Sistem Getah Bening : Luka akibat pukulan akan menyebabkan terjadinya pembengkakan yang masuk ke dalam sirkulasi getah bening. Pijat dapat mengosongkan saluran getah bening dan menyembuhkan bengkak tersebut. Jika cairan yang membuat bengkak tidak disingkirkan, maka akan mengeras sehingga tidak dapat melewati saluran getah bening. Akibatnya gumpalan cairan yang mengeras tersebut akan menyumpal di sekeliling jaringan:otot, tulang, urat, ikatan sendi tulang (ligament) dan kemudian terbentuk “pelekatan” (adhesion).

- Sistem Kandung Kemih : Pijat di bagian punggung dan perut akan meningkatkan aktivitas ginjal yang mendorong pembuangan produk sisa metabolisme dan mengurangi penumpukkan cairan.

- Sistem Reproduksi : Sistem reproduksi juga dapat ditingkatkan. Pijat pada bagian perut dan punggung dapat membantu meredakan masalah haid, seperti rasa sakit, pra menstruasi, haid tidak teratur, dan lain-lain.

Teknik Perawatan Tubuh Dengan Cara Pijat / Massage Secara Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com