Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage) Yang Benar | Biasa Membaca -->

Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage) Yang Benar

(1) Pijat Effleurage Pada Tungkai

Melakukan pijat effleurage di seluruh bagian tungkai kaki menggunakan telapak tangan untuk melakukan gerakan menekan dan boleh melakukan gerak tekanan pada bagian belakang lutut. Kedua tangan diposisikan dalam bentuk huruf V dengan satu tangan berada di depan tangan lainnya atau lengkungkan dalam bentuk mangkuk untuk gerakan mengelus. Gerakan menekan hanya dilakukan saat memijat ke arah atas. Ketika kedua tangan mencapai ujung paha, kedua tangan dipisahkan lalu kedua tangan diluncurkan ke arah bawah dengan lembut tanpa tekanan sampai mencapai pergelangan kaki.

Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage)

(2) Pijat Effleurage pada Betis

Pijat effleurage pada otot betis dilakukan secara ringan dan ritmik. Hindari memijat popliteal space (bagian antara urat lutut dan otot betis).

(3) Memisahkan Otot Besar Betis (Gastrocnemius)

Gastrocnemius dilakukan de-ngan menggunakan kedua jempol tangan, mulai memijat dari tumit, untuk memisahkan dua simpul otot gastrocnemius di betis. Tekanan pijat dilepaskan tepat di bagian bawah bagian belakang lutut dan tangan diluncurkan dengan lembut, lalu kembali turun ke pergelangan kaki tanpa tekanan.

Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage)

Gerakan meremas (kneading) :


  • Mengambil dan meremas : Kedua tangan ditaruh rata pada otot betis, kemudian melakukan gerakan mengambil, meremas lalu melepaskan otot dengan lembut.
Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage)


  • Mengambil dan Menggelinding- kan : Otot betis diambil dan diperas, kemudian digelinding-kan ke dua arah. Dengan kedua jempol tangan, otot digelin-dingkan ke arah jari-jari tangan. Otot digelindingkan mengguna-kan jari-jari tangan ke arah jempol.
Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage)


  • Meremas : Kedua tangan ditaruh rata pada betis. Gerakan masing-masing tangan ke arah yang berlawanan, dengan gerakan ambil, remas dan gelindingkan otot tersebut.
Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage)

(4) Penyelesaian Tungkai Bawah Pijat Effleurage Pada Paha

Memijat dengan teknik effleurage pada seluruh paha, gunakan tekanan yang kuat saat memijat ke arah atas dan tanpa tekanan saat kembali ke bawah.

(5) Meremas Paha

Cara meremas paha yaitu: comot daging paha, putar dengan gerakan rolling (masing-masing tangan memutar ke arah yang berlawanan), kemudian remas bagian dalam, tengah dan luar otot paha.

(6) Pijat Perkusi (Percussion Movement)

Pijat perkusi dapat dengan menggunakan teknik cupping dan hacking pada seluruh tungkai kaki, kecuali bagian belakang lutut yang disebut poplitel space.

(7) Penyelesaian

Penyelesaian dengan effleurage dilakukan dengan memijat bagian belakang tungkai kaki di seluruh tungkai kaki dengan cara meluncurkan tangan tanpa tekanan. Berangsur - angsur kurangi tekanan pada setiap gerakan. Cupping dihentikan pada tumit dengan tangan tertangkap pada tumit.

Teknik Pemijatan Tungkai Bagian Belakang ( Posterior Leg Massage) Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com