Memijat Tubuh Dengan Menggunakan Teknik Effleurage

Effleurage adalah gerakan usapan, baik dilakukan dengan telapak tangan atau bantalan jari tangan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan ringan ataupun dengan sedikit penekanan. Gerakan ringan biasanya digunakan untuk meratakan minyak pijat, pengenaan gerakan (sebagai gerakan permulaan) maupun menenangkan kembali jaringan otot yang telah dirangsang dengan gerakan-gerakan lainnya, misalnya: Tapotage. Gerakan usapan dengan sedikit menekan (stroking) sifatnya adalah untuk merangsang, dan memanipulasi jaringan otot. Strocking adalah gerakan usap yang dilakukan dengan penekanan mengikuti peredaran darah menuju jantung maupun kelenjar-kelenjar getah bening. Strocking dapat dilakukan dengan telapak tangan maupun bantalan ibu jari.

Gerakan effleurage maupun strocking bermanfaat menenangkan saraf serta akan menghilangkan stres, tegang, sakit kepala dan akan membuat tidur lebih pulas. Effleurage dapat menggiatkan kembali dan menstimulasi sistem saraf pusat. Jaringan tubuh akan berfungsi dengan lancar, meningkatkan sirkulasi dan aliran limfe untuk menyingkirkan sisa-sisa metabolisme dan racun tubuh. Effleurage akan memperbaiki keadaan kulit, meningkatkan kesehatan, serta membuat kulit lebih halus, mulus dan lebih bercahaya.
Memijat Tubuh Dengan Menggunakan Teknik Effleurage

Selama melakukan effleurage tidak terjadi kehilangan kontak dengan klien karena dapat mengganggu relaksasi klien. Saat memijat, kedua tangan harus dalam keadaan rileks dan memijat tidak terlalu menekan atau melakukan gerakan mendadak. Tekanan atau gerakan mendadak akan berakibat saraf terganggu, gerakan pijatan sebaiknya lembut, ritmik dan datar, gunakan seluruh tangan, bukan hanya jari-jari. Dengan demikian gerakan pijat bisa menjangkau area yang lebih luas, kecuali jika sedang memijat area yang kecil: wajah, saat memijat tidak melakukan pijatan atau usapan ke arah bawah. Gerakan effleurage/ strocking selalu mengarah ke jantung menuju ke arah tungkai bagian atas, lengan bagian atas dan punggung bagian atas. Dapat juga melakukan gerakan pijat memusat (centripetal direction), yaitu gerakan memutar menuju pusat atau sebaliknya, memutar menuju ke arah luar.

Memijat Tubuh Dengan Menggunakan Teknik Effleurage Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Dapatkan Materi Pembelajaran Terbaru Melalui Email Anda, Silahkan Masukan Email Anda Dibawah Ini:

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com