Apakah Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan Sosial Generalis | Biasa Membaca -->

Apakah Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan Sosial Generalis

Joannie Devereaux, Karen Ostlund, Mike Nicolas, dan Mary Ann Grant semuanya bekerja di bidang-bidang praktek yang sangat berbeda: panti asuhan, kantor DPRD, hospice berbasis masyarakat, dan program advokasi krisis pemerkosaan. Setiap bidang praktek memberikan programprogram dan pelayanan-pelayanan yang berbeda, melayani para klien yang berbeda, dan menghadapi isu-isu yang khas.
Apakah Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan Sosial Generalis

Namun demikian, ketika para pekerja sosial itu mendeskripsikan kegiatan-kegiatan mereka sehari-hari, ada kesamaan-kesamaan dalam apa yang mereka kerjakan. Mereka memfasilitasi resolusi masalah klien, membantu klien memperoleh sumber-sumber yang kasat mata, memberikan pendidikan, dan mempengaruhi pengembangan kebijakan sosial. Mereka bekerja dengan para klien secara individual dan dalam kelompok. Mereka menggunakan keterampilan-keterampilan profesional mereka sebagai anggota kelompok masyarakat dan tim profesional. Mereka mengembangkan pengetahuan mereka tentang sumbersumber masyarakat. Mereka juga melakukan evaluasi praktek dan penelitian.

Contoh-contoh ini mendeskripsikan kaum profesional sebagai pekerja sosial generalis. Sebagai generalis, mereka menggunakan suatu proses yang umum untuk bekerja dengan klien dan pengetahuan serta keterampilanketerampilan spesialis untuk memusatkan perhatian pada ciri-ciri yang khas dari setiap situasi. Para praktisioner generalis mengakui pertautan antara isu-isu pribadi dan kolektif, yang mendorong mereka untuk bekerja dengan beragam sistem manusia masyarakat, komunitas, rukun tetangga/warga, organisasi-organisasi yang kompleks, kelompok-kelompok formal, keluarga, dan individu untuk menciptakan perubahan-perubahan yang memaksimisasi keberfungsian sistem manusia. Ini berarti bahwa para pekerja sosial generalis bekerja secara langsung dengan sistem klien pada semua level, mengaitkan klien dengan sumber-sumber, berintervensi dengan organisasi-organisasi untuk meningkatkan daya tanggap sistem-sistem sumber, mengadvokasi kebijakan-kebijakan sosial yang adil untuk menjamin pendistribusian sumber-sumber secara merata, dan meneliti semua aspek praktek pekerjaan sosial.

Praktek pekerjaan sosial generalis

a. Menggunakan proses-proses praktek generik untuk mengorganisasikan pekerjaan dengan sistem klien.
b. Mengakui potensi perubahan pada level sistem ganda dalam sistem manusia, di antara sistem-sistem, dan antarsistem lingkungan.
c. Memandang perilaku manusia dalam konteks lingkungan sosial.
d. Mengintegrasikan praktek langsung dengan kebijakan sosial dan kegiatan-kegitan penelitian pekerjaan sosial.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan Sosial Generalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com